Apa Tujuan Kita Menjadi Blogger?

Apa Tujuan Kita Menjadi Blogger?

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang Tujuan kita menjadi seorang Blogger atau Tujuan kenapa kita ngeBlog. Saya menulis artikel ini, karena saya sendiri sedang belajar menjadi seorang blogger, jadi sudah seharusnya saya mulai mempunyai alasan kenapa saya menjadi seorang blogger.

Seperti yang kita ketahui, di dunia blogger pastinya ada berbagai macam tujuan kenapa banyak dari teman-teman kita menjadi seorang Blogger dan ngeBlog hingga sekarang. Beberapa tujuan ngeblog mungkin seperti yang ada dibawah ini:


1. Saling Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Tujuan yang pertama ini bagi saya adalah yang paling mulia dan keren, kenapa mulia?. Karena mereka tidak terlalu mengharapkan timbal balik dari apa yang mereka kerjakan, mereka hanya ingin berbagi ilmu dan pengetahuan dirinya kepada orang lain.

Mereka menjadi seorang blogger untuk berkontribusi atas kemajuan teknologi yang pesat diera sekarang, dengan internet dan blog kita bisa mencari ilmu dan wawasan sebanyak mungkin tanpa biaya yang mahal dan relatif mudah.

Hal itu juga bisa menjadi suatu jalan bagi mereka untuk menebar kebaikan, yang tentunya mereka adalah orang-orang baik dan terpuji di mata Tuhan.

Dalam kasus ini juga bisa dikatakan bahwa menjadi seorang blogger adalah sebuah hobi, sebuah hobi yang bermanfaat dan berguna sepanjang masa.

2. Ingin Terkenal di Dunia Maya

Kedua, mereka bertujuan untuk memperkenalkan diri di Dunia maya, apa ini hal yang buruk?, tentu saja tidak. Bahkan jika dilakukan secara berlebihan, tetap saja semua perbuatan itu tergantung dari tujuannya, benarkan?.

Misalkan saat kita sudah terkenal di Dunia Maya, kita akan membangun sebuah kepercayaan dari masyarakat atau pengguna internet bahwa kita itu mempunyai reputasi yang baik dan bermanfaat bagi sesama.

Reputasi baik bisa dilihat dari seberapa bergunanya blog/website kita bagi pengunjung/semua orang. Selain itu jika kita terkenal, itu juga bisa menunjang karir kita di dunia nyata.

3. Mendapatkan Uang/ Penghasilan.

Seperti yang kita ketahui bahwa menjadi seorang bukanlah hanya sebuah hobi, tetapi juga menjadi salah satu jalan kita untuk mencari uang atau finansial (profesi) demi memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-hari dan juga keluarga.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan uang dengan menjadi seorang blogger, yakni sebagai berikut:

a. Menjadi seorang Publisher Iklan (misalnya publisher google adsense),
b. Mengikuti Affliate (misalkan di Amazon, Lazada, dl),
c. Membuat Toko Online dengan barang sendiri atau dari orang lain,
d. Mempromosikan Jasa kita internet, dan masih banyak lagi yang lain.

Namun, meskipun bisa menjadi sebuah pekerjaan, tetapi tak semudah yang kita bayangkan. Karena menurut saya untuk menjadi sukses disemua bidang pekerjaan diperlukan kerja keras dan kerja pintar, serta ketekunan, kedisiplan, dan konsistensi, bahkan perlu visi dan misi yang jelas.

Dan kabar baiknya, usaha selalu berbanding lurus dengan hasil, usaha apapun yang kita lakukan mulai sekarang tidak akan menghianati hasil yang akan kita dapatkan dimasa depan. Itu pasti.

4. Melatih atau Hobi Menulis

Blogger adalah seorang penulis, seperti yang kita ketahui syarat menjadi seorang blogger sejati (pro) adalah mampu membuat artikel yang berkualitas, dan tentunya itu diperlukan bakat untuk menulis. Banyak orang yang terjun ke dunia blogger karena mereka suka dengan menulis atau ingin belajar menulis.

Jika hanya ingin menulis kenapa tidak di buku atau catatan saja?.

Tentulah menulis dengan ngeBlog berbeda dengan menulis di kertas. Dengan menulis di Blog kita tidak hanya bisa menghasilkan artikel yang berkualitas, tetapi juga bisa kita bagikan kepada semua orang secara instan, sehingga tulisan kita bisa diakses dengan mudah dan bermanfaat.


5. Mencari Teman atau Jaringan Sosial

Tidak hanya dengan jejaring sosial kita bisa mencari teman dan membangun jaringan sosial. Tetapi dengan ngeBlog dan Blog Walking kita bisa mencari teman-teman yang sesuai dengan minat atau karir kita.

Misalkan ketika kita mengunjungi blog yang memiliki tema pendidikan, kita bisa saling sharing tentang dunia pendidikan, apalagi jika kita adalah seoarang guru atau calon guru. Hal ini akan memberi wawasan/efek balik yang positif bagi diri kita.

Kalau sobat, apa tujuan sobat menjadi seorang blogger?.

Sumber gambar: forum.matngu12chomsao.com

2 comments:

  1. bener banget, sangat memungkinkan juga kelima poin di atas mutlak dimiliki blogger sejati

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, thanks atas kunjungannya :) salam blogger

      Delete